{ads}

Lutut Bagian Belakang Anda Sakit? Begini Cara Mengatasinya

Nyeri pada lutut belakang

Rasa nyeri pada lutut belakang memang dapat menghambat aktivitas. Banyak hal yang dapat menyebabkan kondisi semacam ini. Itu sebabnya cara mengatasi sakit di belakang lutut juga tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya yang membuat lutut belakang Anda sakit sebelum mengobatinya.

Mengatasi Nyeri Lutut Sesuai Penyebabnya


Mengatasi Nyeri Lutut Sesuai Penyebabnya

Meski sama-sama sakit di lutut, mengatasi rasa sakit di bagian depan maupun belakang lutut berbeda. Biasanya, pengobatannya dilakukan berdasarkan penyebabnya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat lutut belakang Anda nyeri sebelum mengobatinya sendiri.

Beberapa penyebab yang umum menjadi alasan sakit di lutut, terutama pada bagian belakang lutut antara lain:
  • Kaki kram dapat menjadi penyebab sakit di belakang lutut karena adanya gangguan saraf pada kaki, dehidrasi, hingga penyakit hati.
  • Lutut terkilir juga dapat menyebabkan rasa sakit di lutut bagian belakang.
  • Arthritis, terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan tulang rawan yang menjadi bantalan antar tulang sendi, sehingga menyebabkan lutut di bagian belakang menjadi sakit.
  • Cedera tendinitis lutut juga dapat menjadi penyebab sakit di belakang lutut karena otot penghubung tempurung lutut mengalami cedera.
  • Cedera otot hamstring pada bagian belakang paha karena tertarik terlalu jauh, sehingga bagian belakang lutut dapat terasa sakit.

Berbagai Cara Mengatasi Sakit Di Belakang Lutut


Berbagai Cara Mengatasi Sakit Di Belakang Lutut

Setelah mengenali penyebabnya, kini Anda menjadi tahu bagaimana cara mengatasi sakit di bagian belakang lutut. Salah satu metode yang dikenal paling ampuh untuk mengatasi kondisi ini adalah RICE. Tak perlu berkunjung ke rumah sakit, Anda bahkan dapat melakukan metode ini di rumah.

RICE merupakan kepanjangan dari:
  • Resting (istirahat)
  • Icing (memberi kompres dingin)
  • Compressing (menekan area yang cedera dengan perban)
  • Elevating (mengangkat kaki yang cedera)
Selain mengatasi rasa sakit di bagian belakang lutut, cara ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan gejala nyeri pada bagian tubuh yang cedera. Oleh karena itu, memproses bagian yang cedera dengan air dingin sangat membantu Anda untuk meringankan sakit pada lutut bagian belakang.

Nah, selain metode RICE, Anda pun dapat melihat beberapa tips yang mungkin dapat membantu mengatasi rasa sakit di belakang lutut.

  • Jangan beristirahat terlalu banyak karena dapat melemahkan otot dan memperparah nyeri sendi.
  • Melakukan aktivitas fisik, seperti berenang, jalan santai, atau sekedar peregangan baik untuk mengatasi rasa sakit di belakang lutut.
  • Menjaga berat badan ideal pun dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengurangi beban pada lutut Anda.
  • Memakai sepatu yang cocok merupakan langkah yang tepat bagi para penderita arthritis untuk meringankan rasa sakit dibelakang lutut.
  • Akupunktur adalah metode tradisional asal Tiongkok yang dapat mengurangi rasa sakit dengan menusukkan jarum ke daerah yang cedera.
  • Usahakan untuk tidak terjatuh meskipun lutut Anda tidak stabil. Mungkin Anda memerlukan alat bantu jalan untuk menghindari risiko terjatuh.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri anti peradangan seperti ibuprofen agar rasa sakit terkurangi.
Dengan cara di atas, Anda memang dapat mengatasi rasa sakit di belakang lutut di rumah secara mandiri. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi jika sakit pada bagian lutut belakang yang Anda rasakan sudah berkepanjangan.

Demikian tips mengatasi sakit di bagian belakang lutut yang kami informasikan. Semoga tips kali ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah atau rasa sakit pada bagian belakang lutut Anda.

Sekian dan terimakasih. Salam sehat untuk kita semua :D

Baca Juga : Tips Pola Hidup Sehat

Related Posts

1 comment

  1. Waduh yang kebanyakan anu wajib baca ini nig dengkul kopong 😂,tapi bermanfaat ini,bisa share" ke ortu

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas tapi utamakan berkomentar sesuai post ini.

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>