{ads}

Sakit Punggung? Cara Pakai Ransel Sudah Benar? Simak Tips Memakai Ransel Dengan Benar

Pakai ransel yang benar

Pernahkah Anda merasa nyeri pada punggung setelah memakai ransel? Hati-hati, mungkin saja nyeri pada punggung atau pundak sakit yang Anda rasakan disebabkan karena cara Anda memakai tas ransel yang tidak benar. Agar rasa nyeri tidak sampai mengganggu aktivitas Anda, mari simak dahulu beberapa tips memakai ransel yang baik dan benar.

Terlalu Lama Memakai Ransel Menyebabkan Nyeri Punggung

Nyeri punggung

Dari kecil, mungkin Anda sudah wanti-wanti untuk menggunakan ransel dengan benar atau tidak membawa barang berat di ransel dalam keadaan lama. Lantas, apa kira-kira alasannya?

Jawabannya ada ditemukan pada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa memakai ransel sembarangan dapat menyebabkan sakit punggung.

Pada penelitian yang melibatkan ± 5000 siswa yang berusia 6-19 tahun diketahui bahwa lamanya pemakaian ransel berpengaruh terhadap nyeri punggung.

Setelah dilakukan wawancara, peneliti menemukan setidaknya 60% pelajar yang memakai ransel menderita nyeri punggung dan pundak.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan terkait dampak pemakaian ransel, antara remaja dibandingkan anak-anak yang usianya lebih muda.

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, beban pada ransel tidak berpengaruh terhadap nyeri punggung akibat memakai tas ransel. Namun yang mempengaruhi adalah lamanya memakai tas ransel sehingga membuat punggung Anda merasa sakit.

Oleh karena itulah Anda disarankan untuk meletakkan ransel Anda sejenak apabila memungkingkan. Misalnya pada saat harus berdiri di angkutan umum, letakkan ransel Anda di bawah, atau tempat yang tidak mengganggu orang lain.
Hal ini bertujuan agar pundak dan punggung Anda tidak tertekan dalam waktu yang lama.

Cara memakai Ransel Yang Benar

Memakai ransel yang benar

Menurut sebagian besar orang beranggapan bahwa hanya mengaitkan satu tali tas ransel ke pundak akan terlihat lebih keren. Akan tetapi, hal itu justru akan membuat punggung Anda sakit.

Selain itu, ada beberapa tips memakai ransel yang benar agar punggung dan pundak Anda tidak merasakan nyeri, diantaranya yaitu:
  • Pastikan selalu menggunakan kedua tali ransel untuk menjaga postur tubuh Anda. Mengaitkan satu tali ransel saja, dapat membuat postur tubuh Anda menjadi memburuk dan menyebabkan pundak dan punggung Anda sakit.
  • Mengatur tali ransel sehingga setara dengan punggung dan terasa nyaman di pundak Anda. Usahakan agar bagian bawah ransel tidak melewati pinggang Anda. Berikan jarak setidaknya 3 cm lebih tinggi dari pinggul.
  • Pastikan tidak membiarkan ransel bergoyang-goyang dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal ini dapat menyebabkan gesekan pada pundak dan punggung.
  • Manfaatkan tali pinggang atau tali dada ransel jika ada. Hal ini bertujuan agar tekanan dan gesekan pada bagu dapat berkurang.
Selain cara-cara memakai ransel yang benar di seperti di atas, American Academy of Pediatrics juga mengungkapkan aturan khusus memakai ransel untuk anak-anak. Lembaga yang setara dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia ini mengatakan bahwa anak-anak seharusnya tidak membawa beban ransel lebih dari 10-20% beban dari berat badan mereka.

Setidaknya, beban yang paling berat berkisar 2-7 Kg yang dapat anak bawa. Jika terlalu berat, Anda dapat mengganti ransel mereka dengan tas koper kecil yang mengurangi risiko pada nyeri punggung dan pundak

Demikian informasi dari kami mengenai tips memakai ransel yang benar untuk menghindari nyeri pada punggung dan pundak Anda. Semoga informasi ini bermaanfaat bagi kita semua. Salam sehat :D

Terimakasih sudah berkunjung 😄

Related Posts

2 comments

  1. Info yang sangat bermanfaat, pengalaman sejak SMP selalu bawa tas dengan buku-buku yang banyak ternyata salah. Pelajaran buat anak-anak saya nantinya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ane blm pernah sakit punggung pas skolah... Soalnya bawa bukunya dikit 😄.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas tapi utamakan berkomentar sesuai post ini.

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>