{ads}

5 Cara Mengatasi Sakit Di Kepala Akibat Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Terlalu lama menatap layar komputer


Selain ponsel, layar komputer atau laptop juga menjadi salah satu alat elektronik yang sehari-hari digunakan saat bekerja. Namun, tahukah Anda jika melihat komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala?


Kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas dan pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, agar pekerjaan dan kegiatan dapat berjalan lancar, Anda perlu mengatasi rasa sakit ini. Sebetulnya, bagaimana bisa jika menatap layar komputer terlalu lama menyebabkan sakit kepala? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sakit Kepala Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer

Di dalam dunia kesehatan, terdapat istilah CVS atau Computer Vision Syndrome alias sindrom penglihatan komputer. Jenis sindrom yang berkaitan dengan komputer ini dapat mempengaruhi kesehatan mata dan area leher hingga kepala Anda.

Oleh sebab itu, tidak jarang orang yang terlalu lama melihat layar komputer mengeluhkan sakit kepala dan memiliki masalah penglihatan. Kondisi ini disebabkan oleh fokus dan gerak mata yang hanya tertuju pada satu arah dalam waktu yang lama. 

Semakin lama Anda memperhatikan satu titik, semakin berat pula dampak yang ditimbulkan.

Pada tahun 2014, telah dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan 500 mahasiswa dari Uni Emirat Arab (UEA). Di dalam penelitian tersebut ditemukan hampir seluruh mahasiswa memiliki gangguan penglihatan dan kesehatan lainnya.

Mulai dari sakit kepala hingga mata kering dan lelah yang mereka keluhkan. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh jarak pandang dan durasi penggunaan layar komputer tanpa istirahat yang mereka lakukan selama mengikuti perkuliahan atau aktivitas sehari-hari.

Walaupun mungkin tidak memberikan efek jangka panjang, sakit kepala karena melihat layar komputer terlalu lama dapat menghambat aktivitas Anda.

Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda mengetahui cara mengatasi sakit kepala akibat menatap layar terlalu lama.

Mengatasi Sakit Kepala Akibat Melihat Layar Komputer

Umumnya, sakit kepala akibat terlalu lama melihat layar komputer disebabkan oleh mata yang kurang istirahat. Itu sebabnya, salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan beristirahat.

Selain menjauhkan diri dari layar komputer, Anda dapat juga melakukan beberapa hal berikut.

1. Latihan Pernapasan

Latihan Pernapasan

Pada saat sedang duduk di depan layar komputer, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan sambil menutup mata.

Mulailah mengambil napas panjang dan perlahan hingga beberapa kali lalu buang secara perlahan. Lakukan hal ini hingga beberapa kali sampai rasa sakit kepala Anda terasa berkurang.

2. Meditasi

Meditasi

Meditasi di kantor? Tentu bisa. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dengan berfokus pada hal-hal yang membuat Anda nyaman. Mulai dari lingkungan, alam sekitar, atau apapun yang dapat menjauhkan diri Anda dari tumpukan pekerjaan.

Walaupun hanya dapat dilakukan di waktu senggang, setidaknya dengan melakukan meditasi, rasa sakit kepala yang muncul akibat terlalu lama menatap layar komputer dapat sedikit teratasi.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh

Pada saat bekerja dengan komputer, terkadang postur tubuh Anda secara tidak sadar salah sehingga berdampak pada rasa sakit di kepala. Misalnya, posisi leher yang tidak nyaman dapat membuat area kepala Anda terasa tertekan.

Oleh sebab itu, memperbaiki postur tubuh menjadi salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala saat menatap layar komputer terlalu lama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan:
  • Memposisikan layar komputer sejajar dengan mata Anda. Setidaknya, bagian tengah layar berjarak 50-60 cm dari mata Anda.
  • Memeriksa posisi bahu saat sedang mengetik. Jika tidak nyaman, cobalah untuk lebih rileks.
  • Usahakan agar lengan tidak bertumpu pada keyboard.
  • Mengatur tinggi kursi agar kaki anda dapat menapak di lantai.

4. Mengatur Pencahayaan Komputer

Mengatur Pencahayaan Komputer

Selain postur dan posisi layar, Anda dapat juga mengatur pencahayaan layar komputer agar sakit di kepala akibat melihat layar komputer terlalu lama dapat terasa lebih ringan.

Jika terlalu terang, mata Anda akan memperoleh banyak cahaya dan membuat mata menjadi sakit. Sebaliknya, terlalu gelap pun dapat menyulitkan Anda untuk melihat dan membuat mata untuk bekerja lebih keras dan berujung sakit kepala.

5. Minum Obat

Minum Obat

Jika sakit kepala tidak kunjung reda bahkan sampai mengganggu aktivitas serta pekerjaan Anda, mungkin dengan mongkonsumsi obat dapat menjadi salah satu jalan keluarnya.

Berikut ini beberapa jenis obat-obatan yang dapat mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer terlalu lama:
  • Acetaminophen
  • Aspirin
  • Kafein
  • Ibuprofen
  • Naproxen
Menonton TV atau menatap layar komputer yang memancarkan sinar radiasi memang dapat membuat mata dan kepala sakit. Dan itu sebabnya, Anda harus beristirahat sejenak sebelum gejalanya semakin memburuk.

Apabila sakit kepala yang Anda rasakan tidak kunjung hilang hingga berminggu-minggu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui perawatan yang tepat.

Demikian tips kesehatan kali ini mengenai 5 cara mengatasi sakit kepala akibat melihat layar komputer terlalu lama. Semoga tips kali ini dapat membantu bagi Anda yang merasakan mata dan kepala sakit. Salam sehat untuk kita semua :D

Baca Juga:

Related Posts

3 comments

  1. Selain membuat sakit kepala kalo diterusin juga gak baik buat mata pandangan jadi kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali broo :D. Terkadang kalau dah merasa pusing karena di depan leptop terlalu lama saya pake rebahan sebentar

      Delete
  2. Faktor usia juga barangkali..sekarang sejam depan laptop pasti langsung sakit kepala..padahal waktu masih kuliah sampe begadangpun aman2 saja

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas tapi utamakan berkomentar sesuai post ini.

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>