{ads}

Unsur Ekstrinsik Dalam Sebuah Puisi

Unsur Ekstrinsik Puisi

unsur ekstrinsik puisi


Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas Unsur Intrinsik dalam Puisi. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas unsur pembangun lain puisi yaitu unsur ekstrinsik puisi

Setiap karya sastra tentu memiliki unsur pembangunnya, yang diantaranya berupa unsur intrinsik dan ekstrinsik. Namun, ternyata unsur intrinsik dan ekstrinsik pada sebuah puisi maupun prosa cukup berbeda.

Baca Juga : Unsur Intrinsik dalam Sebuah Puisi

Unsur Ekstrinsik Puisi

Unsur ekstrinsik puisi adalah unsur-unsur pembentuk puisi yang membangun puisi dari luar. Adapun yang termasuk unsur ekstrinsik puisi diantaranya yaitu, unsur biografi, unsur nilai, dan unsur kemasyarakatan.

Unsur Biografi

Unsur biografi termasuk salah satu unsur ekstrinsik dalam puisi. Yang dimaksud dengan unsur biografi adalah unsur latar belakang atau riwayat hidup dari penyair puisi. Tentunya pengalaman hidup dari penyair akan mempengaruhi karya puisi yang diciptakan.

Unsur Nilai

Unsur ekstrinsik pada puisi berikutnya adalah unsur nilai. Puisi  selalu mengandung unsur nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Unsur nilai pada puisi dapat berupa nilai di bidang ekonomi, politik, budaya, sosial, pendidikan dan lain-lain.

Unsur Masyarakat

Unsur ekstrinsik puisi terakhir adalah unsur kemasyarakatan. Yang dimaksud dengan unsur masyarakat ini adalah kondisi dan situasi sosial saat puisi ini dibuat. Unsur masyarakat dapat berupa keadaan lingkungan sekitar hingga situasi politik suatu negara yang bersangkutan.

Contoh Soal

Unsur biografi, unsur sosial, dan unsur nilai merupakan unsur-unsur yang terdapat di luar puisi. Unsur tersebut termasuk dalam unsur...

A. Batin
B. Fisik
C. Intrinsik
D. Ekstrinsik
E. Internal

Jawaban : D

Pembahasan: Unsur ekstrinsik puisi merupakan unsur-unsur pembentuk puisi yang membangun puisi dari luar. Kata kuncinya, "in" untuk intrinsik yang artinya dalam, sedangkan "eks" untuk ekstrinsik yang artinya luar. Unsur batin dan unsur fisik termasuk dalam unsur intrinsik. Maka, pilihan yang tepat ialah D.

Demikian penjelasan dari kami mengenai unsur ekstrinsik dalam sebuah puisi. Apabila ada pembahasan yang kurang jelas dari kami silahkan ajukan pertanyaan atau komentar pada kolom komentar di bawah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung :D.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>