{ads}

Inilah 7 Makanan yang Sehat, Bergizi, Dan Baik Sebagai Menu Berbuka Puasa

Makanan yang Sehat dan Bergizi Untuk Berbuka Puasa

Menu berbuka puasa

Saat menjalani ibadah puasa tubuh kita tentu akan kekurangan cairan dan energi. Oleh sebab itu kita harus dapat menjaga aktivitas agar tubuh tidak kekurangan cairan dan lemas karena kekurangan energi. Selain menjaga aktivitas, tubuh juga harus di suplai dengan makanan sehat dan bergizi. Berikut ini adalah 7 daftar makanan yang sehat dan bergizi yang baik sebagai menu berbuka puasa.

1. Kurma

Kurma

Kurma merupakan menu yang dianjurkan saat hendak berbuka puasa. Jika mengkonsumsi kurma sebaiknya kurma dikonsumsi sebelum mengkonsumsi makanan yang berat. Alasannya karena tubuh kita sebelumnya dalam keadaan kosong, jadi alangkah baiknya jika saat berbuka puasa mengkonsumsi makanan yang ringan-ringan terlebih dahulu yang salah satunya adalah kurma. 

Kurma memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh karena di dalam kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh jika mengkonsumsinya. Madu mengandung zat antioksidan, vitamin, kalium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan.

Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

Selain itu, kandungan glukosa dan fruktosa pada madu sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang selama berpuasa.

3. Air Putih

Air putih

Selama berpuasa tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala, tenggorokan terasa kering dan sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu ketika hendak berbuka puasa agar cairan dalam tubuh yang hilang kembali normal.

4. Buah-buahan Segar

Buah segar

Mengkonsumsi buah-buahan segar juga dianjurkan saat berbuka puasa, hal ini karena buah mudah sekali dicerna oleh usus. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, anggur atau yang lainnya untuk mengatasi dehidrasi selama berpuasa.

5. Sayur-sayuran

Sayuran hijau segar

Sayuran sangat cocok untuk menu berbuka puasa karena mudah dicerna oleh tubuh. Saat berpuasa lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang, itulah alasan mengapa perlu makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak kaget dan tidak bekerja terlalu keras.

Sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau. Karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin, zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

6. Ikan

Ikan

Ikan dikonsumsi sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa. Ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena daging ikan mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, Vitamin B2 dan sejumlah mineral.

7. Telur

Telur

Telur sangat baik sebagai menu berbuka puasa. Selain mudah dari segi penyiapan dan penyajian, telur sangat mudah dicerna oleh tubuh dan telur mengandung protein yang tinggi kare dalam satu butir telur terkandung 6 gram dan 9 macam asam amino.

Dan itulah dari 7 makanan sehat dan bergizi yang baik sebagai menu berbuka puasa. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menginspirasi untuk tetap selalu hidup sehat. 

Baca Juga: Tips Pola Hidup Sehat

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>