{ads}

Inilah 7 Makanan Yang Cocok dan Perlu Dicoba Dijadikan Sebagai Sebagai Menu Sahur

7 Makanan yang Cocok Menjadi Menu Sahur

Sahur merupakan momen yang selalu ada setiap tahunnya, yaitu pada saat bulan ramadhan. Kegiatan sahur menjadi salah satu kegiatan yang penting bagi umat muslim seluruh dunia yang hendak menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Mengapa sahur penting bagi umat muslim? karena sahur merupakan persiapan awal untuk mengisi energi kembali bagi tubuh sebelum tibanya waktu imsak agar selama menjalani puasa stamina tetap kuat dan tubuh tidak lemas.

Walaupun sahur tidak diwajibkan namun sahur sangat di anjurkan untuk dilaksanakan saat hendak berpuasa. Nah, berikut ini beberapa makanan yang cocok dijadikan menu sahur Sehat agar kondisi tubuh saat berpuasa tetap dalam keadaan prima.

Baca Juga: 7 Makanan yang Sehat dan Bergizi, yang Baik Dijadikan Menu Berbuka Puasa

1. Sup Ayam

Sup Ayam

Menu makanan yang satu ini memang selalu menjadi menu favorit di setiap keluarga. Sup ayam menjadi menu saat sahur yang sangat baik dikonsumsi, sebab dalam satu mangkuk sudah tersedia beragam gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Terutama jika dikonsumsi dalam keadaan hangat, akan membuat perut terasa lebih nyaman sehingga tidak menimbulkan kontraksi pada bagian perut.

2. Olahan Ikan Salmon

Olahan ikan salmon

Olahan ikan salmon menjadi menu sahur yang sangat baik untuk dikonsumsi, sebab ikan salmon memiliki banyak protein serta omega 3 yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, olahan ikan salmon akan memberikan energi bagi tubuh dan tubuh menjadi kuat selama menjalankan aktivitas berpuasa. Untuk itu, cobalah sahur dengan olahan ikan salmon seperti ini.

3. Telur

Telur

Siapa yang tidak suka telur? makanan yang satu ini dapat dikatakan sebagai menu utama. Sebab semua orang selalu menyediakan telur sebagai menu andalan mereka. Nah, ternyata apabila menu sahur lainnya pabila dikombinasikan dengan telur akan memberikan manfaat yang luar biasa. Seperti untuk memberi stamina dan energi selama berpuasa. Selain itu, telur dapat menjaga nafsu makan sehingga telur sangat cocok jika digunakan sebagai menu sahur.

4. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal merupakan olahan yang terbuat dari bahan gandum yang memiliki banyak manfaat dan ternyata sangat baik dikonsumsi sebagai menu sahur selama berpuasa. Menu makanan sahur seperti ini mudah membuat perut terasa kenyang dalam waktun yang lama, sebab penyerapan gandum ini lebih lama dan perlu adanya proses pemecahan karbohidrat yang akan diserap oleh tubuh. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal akan membuat pencernaan semakin baik selama berpuasa. Kandungan serat yang terdapat dalam oatmeal dapat membantu proses pencernaan agar tidak terjadi sembelit selama berpuasa.

5. Buah Apel

Apel

Jangan hanya terpaku dengan menu makanan sahur yang berat-berat saja, namun perhatikan juga agar menu sahur menjadi seimbang contohnya dengan adanya buah-buahan. Maka dari itu cobalah mengkonsumsi buah apel saat sahur selama berpuasa. Karena apel adalah buah yang mengandung banyak air dan serat tinggi sehingga selama berpuasa kita tidak akan mudah terasa haus dan lapar. Selain itu mengkonsumsi buah-buahan dapat memperbaiki keseimbangan gizi dan vitamin selama berpuasa.

6. Susu yang Dicampur Kurma

Susu yang dicampur kurma

Cobalah mengkonsumsi susu dengan campuran kurma selama berpuasa. Menu yang satu ini dapat dijadikan menu penyeimbang makanan saat sahur. Mengkonsumsi susu yang dicampur kurma ini dapat menambah energi dan mengembalikan energi yang sudah hilang selama beraktitivitas. Menu yang satu ini sangat cocok jika dijadikan sebagai menu saat berbuka puasa maupun saat sahur.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau

Selain menu-menu yang telah disebutkan di atas, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau selama berpuasa ataupun tidak puasa. Seperti yang sudah diketahui bahwa sayuran hijau memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk kulit dan tubuh. Untuk itu konsumsilah sayuran hijau dengan rutin selama berpuasa dan jadikan selalu menu makanan saat sahur.

Dan itulah 7 jenis makanan yang cocok dijadikan menu sahur sehat selama puasa. Jangan lupa imbangi dengan air yang cukup agar selama berpuasa kita tidak kekurangan cairan dan dehidrasi. Juga jangan untuk selalu konsumsi vitamin agar tubuh selalu berenergi dan sehat selama berpuasa. Walaupun sudah dibantu dengan vitamin alami tidak ada salahnya jika anda tetap mengkonsumsi vitamin lainnya. Selain itu, bagi anda para wanita dapat juga mengkonsumsi vitamin penambah darah agar tidak lemas selama beraktivitas di bulan puasa. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>