{ads}

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berdasarkan Penyebabnya

Rambut rontok

Rambut adalah mahkota seseorang yang tiada tara nilainya. Tahukah kamu dan percaya atau tidak, bahwa penampilan rambut yang maksimal dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Bagi sebagian orang masalah rambut sering terjadi seperti masalah rambut rontok bahkan kebotakan. 

Rambut rontok adalah sebagaian masalah yang susah-susah gampang untuk diatasi. Banyak produk yang merokomendasikan cara paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Namun dari segi faktanya tidak semua orang berhasil dengan satu produk yang sama. Mengapa? Pasalnya kulit kepala manusia dan penyebab dari kerontokan rambut berbeda-beda. Untuk itulah penganan pada rambut rontoh juga berbeda.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan tingkat keberhasilan tinggi adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu dapat melakukan berbagai tindakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Berikut ini penyebab rambut rontok:

Pemilihan Shampo

Tanpa disadari, pemilihan shampo yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Maka dari itu, memilih shampo dengan formula tepat yang sangat penting untuk menutrisi rambut serta kulit kepala secara menyeluruh.

Stres

Berbagai macam trauma fisik baik itu stres berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius, dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak meskipun sementara.

Faktor Keturunan

Faktor Genetik merupakan penyebab kerontokan rambut secara umum. Gen dapat diturunkan dari salah satu orang tua kepada keturunannya. Apabila kedua orang tua memiliki masalah kerontokan rambut maka Anda resiko kerontokan Anda lebih besar daripada kedua orang tua.

Kelebihan Vitamin A

Dikutip dari health.com yang merujuk pada American Academy of Dermatology, bahwa jika terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu dapat memicu kerontokan rambut. Untuk itu, Anda harus memperhatikan konsumsi Vit A agar tidak terlalu berlebihan.

Kekurangan Protein

Penyebab rambut rontok lainnya bisa jadi karena Anda menjalani diet rendah protein. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Anemia

Anemia akibat kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan yang amat sangat, lemah tubuh, dan kulit memucat. Selain itu mungkin Anda juga akan mengalami sakit kepala berulang, sulit konsentrasi, telapak tangan dan kaki dingin, serta rambut rontok.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Hipotiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak bekerja dengan optimal dalam memproduksi hormon yang berkaitan dengan metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Hypotiroidisme mungkin dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti kenaikan berat badan tanpa sebab, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi. Rambut, kulit, dan kuku mudah rapuh dan patah. Gangguan tiroid lebih umum ditemukan pada wanita, khususnya di umur 50-an. Kedua jenis gangguan tiroid ini bisa menyebabkan Anda mengalami kerontokan rambut.

Kulit Kepala Tidak Sehat

Kulit kepala yang tidak sehat dapat menjadi penyebab peradangan kulit kepala, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Kondisi kulit yang menjadi penyebab rambut rontok seperti dermatitis seboroik, psoriasis, dan infeksi jamur (ketombe).

Pemakaian Hair Dryer Terlalu Sering

Terlalu sering menata rambut menggunakan hairdryer dan catokan ternyata bisa merusak sifat alami rambut. Apalagi jika suhu yang digunakan terlalu panas. Pasalnya, alat ini menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Akhirnya, rambut rusak, kering, dan bercabang. Tak jarang penggunaan hairdryer atau catokan rambut yang terlalu sering dan panas juga dapat membuat rambut sulit untuk kembali tumbuh.



Itu adalah beberapa penyebab rambut rontok yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Setelah kita mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah penanganan cara mengatasi rambut rontok.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi masalah rambut rontok? Berikut ini beberapa cara alami yang dipercaya dapat mengatasi masalah rambu rontok.

Cara Alami Atasi Masalah Rambut Rontok Hingga Tuntas:

Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Rontok secara alami bisa menggunakan lidah buaya. Mengapa lidah buaya? Lidahbuaya mengandung banyak nutrisi yang mampu membuat rambut jadi lebih sehat, kuat dan merangsang pertumbuhan pada kulit kepala. Kandungan lidah buaya ini akan dapat Anda rasakan dengan melakukan treatment sebagai berikut:
  • basahi rambut
  • tunggu sampai setengah kering
  • usapkan lendir yang terdapat bada daging lidah buaya di rambut hingga kulit kepala
  • biarkan 15 hingga 20 menit
  • lakukan 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal

Kemiri

Kemiri
Kemiri
Kandungan minyak kemiri sangat cocok untuk mengatasi kerontokan, menguatkan akar rambut, dan menyehatkan dengan nutrisinya. Kemiri banyak digunakan sebagai treatment karena sangat mudah didapatkan, serta murah. Ketimbang harus menggunakan produk shampoo yang cenderung mahal. Dengan kemiri, Anda bisa menghemat biaya namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi jika dilakukan dengan tepat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri adalah:
  • sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar
  • tumbuk sampai halus sampi mengeluarkan minyak
  • usapkan minyak kemiri pada rambut
  • bilas dengan cara keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan minyak kemiri
  • lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal

Avokad

Avokad
Avokad
Avokad atau buah alpukat dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok. Pasalnya, kandungan protein yang terdapat pada buah ini sangat efektif untuk menguatkan rambut dan memberikan nutrisi yang tepat. Selain mampu menguatkan rambut, avokad juga dapat mampu merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan avokad adalah seperti berikut:
  • haluskan buah avokad
  • oleskan pada rambut serta kulit kepala
  • diamkan selama 20 menit
  • bilas dengan shampoo agar bersih
  • lakukan rutin dua dua kali dalam seminggu untuk hasil optimal

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
Jeruk Nipis dikenal dengan kandungan yang nutrisi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah jeruk nipis juga  ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda bisa merawat rambut yang rontok secara berlebihan.

Untuk melakukan treatment perawatan rambut rontok dengan jeruk nipis pun ternyata cukup mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini:
  • iris jeruk nipis menjadi beberapa irisan
  • usapkan pada kulit kepala
  • diamkan selama 15 menit
  • bilas dengan cara keramas hingga bersih
  • cara ini ternyata juga ampuh melawan ketombe membandel.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>