{ads}

Pahami Konsep Dasar Pecahan

Pengertian Pecahan

Kata pecahan berarti bagian keseluruhan yang berukuran sama. Pecahan berasal dari bahasa Latin fractico yang berarti memecah menjadi bagian yang lebih kecil. Sebuah pecahan mempunyai 2 bagian, yaitu pembilang dan penyebut yang penulisnanya dipisahkan oleh garis lurus (bukan miring (/)). Lihat contoh berikut ini. 

contoh pecahan
Pecahan dapat digunakan untuk menyatakan makna dari setiap bagian dari bagian yang utuh. Apabila kakak mempunyai sebuah apel yang akan dimakan berempat dengan temannya, maka apel tersebut harus dipotong menjadi 4 bagian yang sama. Sehingga masing-masing anak akan memperoleh ¼ bagian dari apel tersebut. Pecahan biasa seperti ¼ dapat mewakili ukuran dari masing-masing potongan apel. Dalam lambang bilangan ¼ (dibaca seperempat atau satu perempat). Angka "4" menunjukkan banyaknya bagian-bagian yang sama dari suatu keseluruhan atau utuh dan disebut sebagai "penyebut". Sedangkan angka "1" menunjukkan banyaknya bagian yang menjadi perhatian atau digunakan atau diambil dari keseluruhan pada saat tertentu dan disebut sebagai pembilang

Peraga pecahan

Peragaan selanjutnya dapat menggunakan blok pecahan yang berbentuk lingkaran. Blog pecahan ini sangat bermanfaat bagi siswa sebagai pengganti dari benda-benda aslinya, dan dapat digunakan untuk memperagakan konsep pecahan, pecahan senilai, penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Peraga pecahan

Peraga selanjutnya dapat berupa daerah-daerah bangun datar beraturan yang diarsir misalnya persegi, persegi panjang, atau lingkaran yang akan sangat membantu dalam memperagakan konsep pecahan


Konsep pecahan
Pecahan ½ dibaca setengah atau satu per dua atau seperdua. Angka "1" disebut pembilang yang merupakan bagian pengambilan atau 1 bagian yang diperhatikan dari keseluruhan bagian yang sama. Angka "2" disebut penyebut merupakan 2 bagian atau potongan yang sama dari keseluruhan. Peragaan di atas dapat dilanjutkan untuk pecahan ¼ an, ⅛ an dan seterusnya.

Selain mengarsir kertas yang berbentuk bangun datar, peragaan dapat pula menggunakan pita atau tongkat yang dipotong-potong dan diartikan sebagai pendekatan pengukuran panjang, yang dalam perkembangan berikutnya dapat untuk mengenalkan letak pecahan pada garis bilangan.

Pengenalan letak pecahan pada garis bilangan akan sangat bermanfaat bila siswa mencari pecahan yang senilai, membandingkan, menjumlah, dan mengurangi pecahan.

Contoh Soal:


Untuk memperdalam pemahaman Anda tentang konsep pecahan, kerjakanlah latihan soal berikut ini.

1. Tentukan nilai pecahan pada gambar a, b, c, d di bawah ini!

Contoh soal pecahan

Jawab: ....

2. Tentukan nilai pecahan pada gambar c di bawah ini!


Jawab: ....

3. Tentukan nilai pecahan pada gambar a dan b di bawah ini!


Jawab: ....

4. Tentukan nilai pecahan pada gambar a, b, c, d!


Jawab: ....

5. Kakak mempunyai sebuah belimbing yang akan dipotong menjadi 5 bagian yang sama. Apabila apel tersebut akan dibagikan kepada 5 temannya, maka setiap anak akan mendapat berapa bagian apel?

Jawab: ....





Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>