{ads}

Macam-macam Wujud Benda dan Sifatnya IPA untuk Kelas 3 SD

Benda apa saja yang ada kamu temukan di lingkungan sekitarmu? Kita dapat menemukan berbagai macam benda di lingkungan sekitar. Misalnya, buku, penggaris, pensil, meja, air, minyak goreng, oli, susu, dan balon. Tahukan kamu bahwa benda tersebut memiliki wujud masing-masing. Berdasarkan wujudnya, benda-benda tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu benda padat (buku, penggaris, pensil, meja), benda cair (air, minyak goreng, oli, susu) dan benda gas (isi balon, udara). Setiap benda memiliki sifat tertentu yang membedakannya dengan benda yang lainnya. Dan kali ini kita akan membahas tentang benda padat dan cair beserta sifatnya.


Benda Padat


Perhatikan gambar!



Benda apa saja yang kamu lihat pada gambar di atas? Apakah benda yang kamu lihat tersebut termasuk benda padat atau benda cair? Iya, benda tersebut adalah contoh dari wujud benda padat. Almari, Kursi Meja, Pensil, dan Rak Buku adalah beberapa contoh dari wujud benda padat.

Ciri-ciri Benda Padat


Apa ciri-ciri benda padat yang kamu ketahui? Perhatikan gambar!

Apakah kamu melihat Buku di samping? Lalu apabila kita memindahkan boneka tersebut dari kamar ke dalam tas, apakah buku itu akan berubah bentuk? Tentu saja tidak akan berubah bentuk walaupun dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain. Itu merupakan salah satu ciri-ciri dari benda padat.
Ciri-ciri benda padat:
  • Bentuknya tidak dapat dipengaruhi oleh tempatnya dimana berada
  • Bentuknya dapat diubah dengan perlakuan tertentu
  • Benda padat memiliki massa/berat

Benda Cair

Selain benda padat, juga ada benda cair. Contoh Benda cair adalah air. Dapatkan kamu melihat benda cair pada gambar di samping? Air minum adalah salah satu contoh wujud benda cair. Tidak hanya air minum yang merupakan contoh benda cair, shampo, oli, minyak goreng pun juga termasuk benda cair.

Ciri-ciri Benda Cair


Coba kamu perhatikan bentuk air dalam teko. Bagaimanakah bentuk air di dalam teko? Lalu coba kamu tuangkan air ke dalam gelas. Bagaimana bentuk air di dalam gelas? 

Air adalah benda cair. Bentuk air berubah-ubah. Bentuknya sesuai dengan bentuk wadahnya. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, air akan berbentuk seperti gelas. Jika air dimasukkan ke dalam botol, air akan berbentuk seperti botol.



Pernahkah kamu melubangi botol plastik yang berisi air? Apa yang akan terjadi setelah botol plastik yang berisi air ketika kamu lubangi? Air akan keluar melalui lubang yang telah dilubangi, artinya air akan menekan ke segala arah. Tekanan dapat dilihat pada botol plastik yang dilubangi. Dari kegiatan ini tampak ada pancaran air dari lubang botol ke segala arah.


Benda cair dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Pernahkah kamu melihat air sungai yang mengalir? Air sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Maka dari itu air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Pernahkah kami melihat air dalam gelas yang kamu diamkan? Bagaimana permukaan air dalam gelas tersebut? Permukaan benda cair selalu datar. Permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan permukaan air yang sedang bergerak. Air yang tenang permukaannya selalu datar. Selain itu, pernahkan kamu memposisikan botol air minum dalam keadaan miring? bagaimanakah bentuk permukaan air setelah botol air minum yang berisi air kamu miringkan? Tentu permukaan air tersebut dalam keadaan datar.



Benda cair dapat meresap melalui celah-celah kecil. Sifat ini dapat kamu lihat ketika kamu mencuci bajumu. Air akan menetes dari kain pakaian yang dicuci. Itulah yang menyebabkan pakaian menjadi basah



Sifat-sifat benda cair:
a. Bentuknya dapat berubah karena dipengaruhi oleh wadahnya
b. Memberikan tekanan dari segala arah
c. Air hanya dapat mengalir ke tempat yang lebih rendah
d. Dalam keadaan apapun, permukaan air selalu datar
e. Benda cair dapat meresap melalui celah-celah kecil

Benda Gas



Pernahkah kamu melihat balon yang sedang ditiup? Awalnya balon yang belum ditiup dalam keadaan kempes. Setelah ditiup lama kelamaan balon menjadi besar. Balon yang semula dalam keadaan kempes hingga menjadi besar karena terisi oleh gas/udara.


Ciri-ciri Benda Gas

  • Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Saat kita meniup balon, kita sedang memasukkan udara ke dalam balon. Semakin kuat kita meniupnya, maka semakin banyak udara yang kita masukkan ke dalam balon. Akibat tiupan itu, balon menjadi mengembang. Udara mengisi seluruh ruang dalam balon. Hal ini berarti benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
  • Benda gas menekan ke segala arah. Balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian jika ditiup. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.
  • Benda gas terdapat di segala tempat. Benda gas yang selalu ada di sekitar kita adalah udara. Di semua tempat ada udara. Bahkan wadah yang terlihat kosong pun ternyata berisi udara.

Nah demikian adalah pembahasan kali ini mengenai benda dan sifat-sifatnya. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kamu dalam belajar. Rajin-rajinlah membaca :D 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>