{ads}

Anda Kurang Tidur Dan Ngantuk? Konsentrasi Berkurang? Begini Cara Mengatasinya!

Tidur di jam kerja

Hallo sobat, salam sehat untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini guruupdates.com akan membahas mengenai cara mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur. Nah, bagi anda yang suka bekerja keras sampai lupa waktu untuk beristirahat sehingga konsentrasi Anda menjadi terganggu mari simak pembahasan berikut ini.

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas terlalu banyak, lupa istirahat dan kurang tidur adalah hal yang biasa. Akan tetapi, tahukah Anda jika kebiasaan tersebut dapat menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Nah, agar dapat mengurangi rasa ngantuk akibat kurang istirahat dan kurang tidur, ini ada beberapa tips untuk mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur.

Mengapa Kurang Tidur Jadi Susah Fokus?



Kurang Tidur Jadi Susah Fokus


Seperti yang sudah diketahui dan dialami, kurang tidur dapat membahayakan kondisi fisik dan jiwa, misalnya saja Anda jadi kesulitan berkonsentrasi pada pagi hari.

Sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut. Sebagaimana dilansir dari Live Science, para peneliti meminta para peserta diharuskan untuk begadang. Ketika pagi harinya diminta untuk mengategorikan gambar, mereka mengalami kesulitan.

Dari penelitian itu, ditemukan bahwa telah terjadi penurunan fungsi sel saraf dan transmisi otak. Akibatnya, Anda menjadi susah fokus dan berkonsentrasi.

Cara Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kurang Tidur

  
Ada beberapa hal yang membuat Anda harus tetap terjaga dari malam hari dn tidak bisa ditinggalkan. Misalnya saja, menidurkan bayi yang baru lahir atau menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline.

Jika keadaan mengharuskan Anda begadang, ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengembalikan konsentrasi Anda pada pagi harinya, di antaranya yaitu:

1. Minum Minuman Berkafein 


Minum kopi


Minum kafein di malam hari memang dapat membuat Anda menjadi kurang tidur karena terjaga semalaman. Namun, minum minuman yang mengandung kafein pada pagi hari setelah kurang tidur dapat berguna untuk mengembalikan konsentrasi.

Namun, tetap ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan agar Anda benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Anda dapat memulai aktivitas dengan minum secangkir kopi untuk meningkatkan fungsi otak Anda. Seperti yang dikutip dari Jeffrey Durmer, MD, kafein memang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus dengan ketentuan dalam batas yang wajar dan sesekali saja.

Hindari mengkonsumsi kafein lebih dari jam 4 sore. Hal ini dikarenakan efek kafein dapat membuat Anda terjaga semalaman dan membuat Anda lagi-lagi kurang tidur.

2. Minum Air Putih yang Banyak


Minum Air Putih


Selain minuman berkafein, untuk mengembalikan konsentrasi Anda akibat kurang tidur, asupan cairan harian juga harus tetap terpenuhi.

Jika Anda jarang minum, jantung akan kesulitan untuk memompa darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otak. Akibatnya, otak menjadi kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda sulit untuk berpikir jernih.

Tanpa minum air putih yang banyak demi menjaga daya konsentrasi sekalipun Anda mengantuk. Jika merasa malas bolak-balik untuk mengisi air gelas, isilah air minum pada botol yang besar saat Anda memulai hari dan letakkan botol air minum Anda di jangkauan Anda. Dengan begitu, Anda tidak memiliki alasan lagi untuk malas mengisi air minum.

3. Rutin Berolahraga


Berolahraga

 

Salah satu cara mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur adalah dengan berolahraga. Olahraga di kantor dapat Anda lakukan tanpa harus meninggalkan meja kerja, misalnya saja dengan peregangan punggung atau push-up di meja.

Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari


Berjemur di Bawah Sinar Matahari


Sinar matahari pagi ternyata memiliki manfaat untuk memberi sinyal pada otak bahwa hari sudah pagi sehingga Anda harus fokus dan terjaga.

Sebenarnya, tidak hanya sinar matahari, semua jenis cahaya dapat memperlambat produksi melatonin, atau hormon yang membuat Anda mengantuk pada malam hari. Dengan begitu, otak akan memerintahkan Anda untuk bangun dan tidak mengantuk.

Sebaiknya berjemurlah di bawah sinar matahari langsung di pagi hari selama 10 menit pada pukul 7-9. Selain dapat mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur, aktivitas ini dapat juga mengurangi stres.

 5. Tidur Selama 20-30 Menit


Tidur sejenak


Jika Anda sudah tidak sanggup untuk menahan rasa ngantuk yang luar biasa, cobalah untuk tidur sejenak selama 20-30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengisi ulang daya tubuh dan pikiran Anda meskipun hanya sesaat.

Usahakan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit agar Anda tidak jadi lebih mengantuk saat bangun.

Pada dasarnya, cara untuk mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur adalah dengan menjaga pola tidur yang baik. Oleh karena itu, usahakan untuk dapat tidur selama 7-10 jam untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Baca Juga : Tips Pola Hidup Sehat

Nah, demikian adalah pembahasan dari kami mengenai cara mengembalikan konsentrasi akibat ngantuk atau kurang tidur. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Salam manfaat dan salam sehat untuk kita semua :D

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>