{ads}

Materi Bagian-bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Lengkap Dengan Latihan Soal


Bagian tumbuhan


Pada umumnya, semua tumbuhan memiliki bagian-bagian utama seperti, daun, batang, akar, dan buah. Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah fungsi dari bagian-bagian tumbuhan tersebut? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang dapat disimak seperti berikut.

A. Akar

Akar berperan untuk menyerap air dan mineral serta mengukuhkan tumbuhan. Pada beberapa tumbuhan tertentu, akar berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan seperti tumbuhan umbi-umbian. Dan ada juga akar yang berfungsi untuk membantu penyerapan oksigen di udara seperti tumbuhan bakau

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu:
  1. Akar serabut, akar jenis ini pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan monokotil (tumbuhan biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa.
  2. Akar tunggang, akar jenis ini pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil (tumbuhan biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.

B. Batang

Batang memiliki fungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Selain itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap oleh akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.

Batang tumbuhan memiliki perbedaan:

Perbedaan batang tumbuhan

C. Daun

Daun berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun banyak mengandung zat warna hijau (klorofil). Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Selain bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang memiliki pelepah pada daunnya.

Bagian-bagian daun

Berdasarkan susunannya, daun memiliki susunan tulang daun, yaitu:
  1. Menyirip, susunan tulang daun jenis ini memiliki struktur rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung helai daun. Contohnya daun mangga dan daun jambu.
  2. Melengkung, susunan tulang daun jenis ini berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.
  3. Menjari, susunan tulang daun jenis ini memiliki satu tulang daun besar dan bentuk daunnya pun seperti jari). Contohnya, daun singkong, pepaya, dan jarak.
  4. Sejajar, susunan tulang daun jenis ini memiliki garis-garis sejajar mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Pada umumnya bentuk daunnya panjang-panjang. Contohnya, jagung, tebu, padi, dan alang-alang.
Berikut ini contoh gambar bentuk-bentuk daun:
bentuk-bentuk daun

D. Bunga

bagian-bagian bunga

Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bunga memiliki bagian-bagian diantaranya sebagai berikut.
  1. Tangkai bunga, terletak di bagian bawah bunga. Tangkai bunga berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga, dan batang atau ranting.
  2. Kelopak bunga, merupakan bagian bunga yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. pada umumnya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
  3. Mahkota bunga, memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang bermacam-macam ini dapat berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya (membantu dalam proses penyerbukan) agar hinggap pada bunga.
  4. Putik (alat kelamin betina), terletak dibagian tengah-tengah bunga dan umumnya dikelilingi oleh benang sari. Putik terdiri dari kepala putik (tempat terjadinya proses penyerbukan) dan tangkai putik (bagian yang akan menjadi buah dan biji).
  5. Benang sari (alat kelamin jantan), benang sari terletak pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga, bersifat ringan dan mudah terbang tertiup angin. Terdiri atas tangkai sari dan kepala sari (dihasilkan serbuk sari). Benang sari dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupu-kupu atau serangga yang hinggap.
Berikut ini adalah contoh gambar bentuk-bentuk bunga:


bunga


bunga

bunga

bunga


E. Buah dan Biji

Buah adalah hasil dari penyerbukan dan pembuahan antara serbuk sari dan putik. Buah berfungsi untuk melindungi biji. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dikelompokkan menjadi dua yaitu, biji berkeping satu (monokotil), biji berkeping dua (dikotil).


jumlah keping biji


Contoh tumbuhan berkeping satu:


tumbuhan monokotil (padi)


Contoh tumbuhan berkeping dua :


tumbuhan dikotil (mangga)


Nah, setelah mempelajari bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya, untuk memperdalam pemahaman sahabat tentang materi ini, mari berlatih untuk mengerjakan soal-soal di bawah ini!

Soal Latihan!

  1. Bagian tumbuhan yang berguna untuk memperkokoh tumbuhan adalah ....
  2. Berdasarkan bentuknya, akar terdiri atas 2 macam, apa saja itu ....
  3. Sebutkan bagian-bagian batang ....
  4. Fungsi batang untuk ....
  5. Berdasarkan susunan tulang daun, daun dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu ....
  6. Disebut apakah zat warna hijau pada daun ....
  7. Bagian tumbuhan yang merupakan perhiasan bunga adalah ....
  8. Bagian tumbuhan yang menempel pada putik saat penyerbukan adalah ....
  9. Fungsi daging buah adalah ....
  10. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu ....

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>