{ads}

Metode-metode Pembelajaran Terkini (Pembelajaran PAKEM)

Metode Pembelajaran

Dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dikenal istilah metode pembelajaran. Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang pendekatan dan strategi pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan turunan dari pendekatan-strategi pembelajaran. Lalu apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran itu? Metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses KBM. 

Metode Pembelajaran banyak sekali macamnya. Umumnya kebanyakan guru saat mengajar paling suka menggunakan metode ceramah. Guru berceramah menyampaikan materi dan siswa duduk diam mendengarkan materi dari guru.  Dalam hal ini guru yang paling banyak berperan di dalam kelas dan keaktifan siswa dalam kelas dipandang kurang. Dari penjelasan ini berarti pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) bukan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning). 

Guru apabila terus menerus menggunkan metode ceramah dalam mengajar tentu siswa akan merasa bosan. Oleh karena itulah guru perlu menggunakan metode lain dalam pembelajaran di kelas. Banyak metode pembelajaran yang direkomendasikan para ahli dalam dunia pendidikan dan sudah terbukti dari sekian banyak metode pembelajaran menunjukkan hasilnya.

Dalam memilih metode pembelajaran, guru juga harus memperhatikan kondisi kelas, karakteristik siswa, dan jenis pelajaran apa yang akan disampaikan. Berikut adalah beberapa macam metode pembelajaran beserta kelebihan dan kelemahannya.

Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan cara konvensional atau cara lama, yaitu dengan cara guru menyampaikan informasi atau materi dan siswa duduk diam mendengarkan guru. Metode ceramah sering kali digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas karena metode ini dianggap sebagai metode yang paling praktis dan ekonomis. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan metode ceramah.

Kelebihan

  1. Guru dapat mengendalikan kelas sepenuhnya.
  2. Melatih siswa berusaha untuk selalu fokus.
  3. Pembelajaran lebih mudah dilakukan.
  4. Kegiatan belajar dapat diikuti banyak siswa.

Kekurangan

  1. Siswa lebih pasif karena hanya duduk mendengarkan guru. 
  2. Proses kegiatan belajar mengajar cenderung membosankan.
  3. Beberapa siswa yang lebih suka belajar secara visual akan kesulitan menerima pelajaran.
  4. Proses pembelajaran menjadi lebih fokus pada pengertian kata-kata saja.

Metode Pembelajaran Diskusi

Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang mengutamakan aktivitas diskusi siswa dalam belajar memecahkan masalah. Melalui diskusi terlebih dahulu guru membentuk kelompok diskusi untuk membahas suatu masalah.
  1. Mendorong siswa lebih berpikir kritis.
  2. Mendorong siswa terbiasa menyampaikan pendapatnya.
  3. Melatih siswa tentang toleransi dan menghargai pendapat orang lain.

Kekurangan

  1. Pembelajaran cenderung didominasi oleh siswa yang suka bicara.
  2. Diperlukan cara formal dalam menyampaikan pendapat.
  3. Tema di dalam diskusi biasanya terbatas.
  4. Pembelajaran cocok untuk kelompok kecil.

Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan bentuk praktikum sehingga siswa melihat dan melakukan langsung apa yang dipelajari. Metode demonstrasi biasanya lebih menarik dan membuat siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.

Kelebihan

  1. Pembelajaran lebih mudah dimengerti karena melalui kegiatan praktik langsung
  2. Dapat meminimalisir kemungkinan kesalahan pengertian karena bukti konkrit terlihat.
  3. Siswa lebih mudah memahami informasi yang disampaikan oleh guru.

Kekurangan

  1. Tidak semua materi pelajaran dapat didemonstrasikan.
  2. Guru dituntut harus sangat paham mengenai materi yang diajarkan dan mampu menjadi contoh ataupun pengarah bagi siswa.
  3. Hanya efektif bila siswa tidak terlalu banyak.

Metode Ceramah Plus

Metode ini seperti metode ceramah pada umumnya. Namun hanya saja pada metode ini dimodifikasi dengan metode lain dalam pembelajaran. Misalnya:
  1. Metode ceramah plus tanya jawab
  2. Metode ceramah plus diskusi dan tugas
  3. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan.

Metode Pembelajaran Resitasi

Metode resitasi adalah metode pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk membuat resume mengenai materi yang sudah disampaikan oleh guru. Resume tersebut dituliskan dalam kertas dengan menggunakan kata-kata sendiri dari para murid.

Kelebihan

  1. Mendorong siswa untuk melatih menulis yang baik.
  2. Siswa menjadi cenderung lebih mengingat materi pelajaran yang sudah disampaikan guru.
  3. Melatih siswa untuk bertanggung jawab dan mengambil inisiatif.

Kekurangan

  1. Siswa yang malas cenderung menyontek hasil resume temannya atau meminta resumannya dikerjakan oleh orang lain.
  2. Guru sulit untuk mengevaluasi apakah siswa benar-benar memahami resume yang telah dibuatnya.'

Metode Eksperimen

Metode eksperimen adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan praktikum atau percobaan lab sehingga siswa dapat melihat, membuktikan materi pelajaran secara langsung.

Kelebihan

  1. Siswa dapat bereksplorasi dan mengembangkan diri melalui percobaannya.
  2. Membuat siswa berpikir bahwa materi pelajaran dapat dibuktikan dengan percobaan.
  3. Menghasilkan siswa yang memiliki jiwa peneliti untuk membangun keilmuan.

Kekurangan

  1. Siswa tidak dapat melakukan eksperimen apabila fasilitas tidak terpenuhi.
  2. Tidak semua jenis materi pelajaran dapat diterapkan menggunakan metode percobaan.
  3. Kegiatan metode ini hanya dapat dilakukan pada bidang studi tertentu dan dalam waktu yang terbatas.

Metode Karya Wisata

Metode karya wisata adalah metode pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan atau tempat-tempat tertentu yang memiliki sumber ilmu bagi siswa. Metode ini harus mendapatkan pengawasan penuh dan langsung dari guru.

Kelebihan

  1. Memanfaatkan interaksi langsung dengan lingkungan alam dan tempat-tempat tertentu.
  2. Kegiatan pengajaran lebih menyenangkan dan menarik.
  3. Merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam berpikir dan menyampaikan pendapat.

Kekurangan

  1. Membutuhkan biaya yang cukup besar
  2. Kegiatan pembelajaran harus direncanakan secara matang
  3. Kegiatan pembelajaran harus mendapat persetujuan dari beberapa pihak, baik pihak sekolah, orang tua, dan pihak lainnya
  4. Faktor keselamatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan
  5. Banyak siswa lebih mengutamakan tujuan rekreasi ketimbang tujuan pembelajaran

Metode Latihan

Metode latihan atau training adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara melatih keterampilan siswa dengan cara merancang, membuat, atau memanfaatkan sesuatu.

Kelebihan

  1. Dapat melatih kecakapan motorik dan kognitif siswa
  2. Dapat melatih kreativitas di dalam diri para siswa
  3. Dapat melatih kefokusan, kecepatan, dan ketelitian siswa

Kekurangan

  1. Beberapa siswa yang tidak berminat akan sulit beradaptasi
  2. Adanya kemungkinan menghambat bakat lain yang terdapat dalam diri siswa
  3. Mudah membuat siswa bosan karena kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama

Metode Perancangan

Pada metode ini, siswa dirangsang untuk mampu membuat proyek yang nantinya akan diteliti.

Kelebihan

  1. Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah
  2. Melatih siswa untuk dapat mengintegrasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan secara terpadu

Kekurangan

  1. Membutuhkan sumber daya dan fasilitas yang cukup besar
  2. membuthkan waktu yang cukup lama

Metode Skrip Kooperatif

Metode pembelajaran ini memasangkan siswa dan menuntut siswa untuk menyampaikan intisari dari materi pelajaran secara lisan. Pada akhir sesi, guru akan memberikan kesimpulan dari pokok materi pelajaran.

Kelebihan

  1. Melatih siswa dalam mendengarkan, menyimpulkan, dan menyampaikan intisari materi
  2. Melatih siswa untuk lebih berani dan percaya diri di dalam kelas
  3. Siswa dapat lebih aktif berpartisipasi secara keseluruhan

Kekurangan

  1. Metode ini hanya dapat diterapkan pada bidang studi tertentu saja
  2. Hanya dapat dilakukan dengan dua group dan dua orang berpasangan.

Metode Mind Mapping

Metode ini menerapkan cara berpiikir yang runtun terhadap suatu permasalahan, bagaimana terjadinya masalah, dan bagaimana penyelesaiannya. Dengan metode ini, siswa dapat meningkatkan daya analisis dan berpikir kritis sehingga mengalami masalah dari awal hingga akhir.

Kelebihan

  1. Metode pembelajaran ini dianggap lebih efektif dan efesien
  2. Munculnya ide baru yang digambarkan dalam diagram
  3. Alur berpikir siswa lebih efektif sehingga bermanfaat bagi kehidupannya

Kekurangan

  1. Dibutuhkan pengetahuan dengan banyak membaca sebelum membuat mapping
  2. Tidak semua siswa dapat terlibat dalam kegiatan
  3. Beberapa point informasi mungkin akan hilang dari dalam mapping.
  4. Kemungkinan besar siswa tidak mengerti mind mapping yang dibuat temannya karena hanya berisi poin inti saja

Metode Iquiry

Metode pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk menyadari apa saja yang telah diperoleh selama belajar. Dalam metode ini melibatkan intelektual dan mendorong siswa memahami bahwa apa yang telah dipelajari adalah sesuatu yangb berharga.

Metode Discovery

Metode discovery adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengembangkan cara belajar siswa aktif, mandiri, dan memiliki pemahaman yang lebih baik. Dalam hal ini, siswa mencari jawaban terhadap pertanyaannya sendiri sehingga mengingatnya lebih baik.

Kelebihan

  1. Mengembangkan kemampuan kognitif siswa
  2. Siswa dapat berpikir luas dan lebih mandiri
  3. Memotivasi dan meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui penemuan yang dilakukannya
  4. Meningkatkan hubungan timbal balik antara siswa dan guru

Kekurangan

  1. Metode ini hanya cocok untuk kelas yang kecil
  2. Siswa harus memiliki persiapan mental dalam proses belajar
  3. Siswa lebih memperudulikan penemuannya ketimbang memperhatikan keterampilan dan sikap
  4. Tidak semua penemuan dapat memecahkan masalah.

Metode Berbagi Peran

Metode berbagi peran adalah metode pembelajaran dengan cara berbagi peran (role playing) dilakukan dengan melibatkan siswa untuk memerankan suatu karakter atau situasi tertentu.

Kelebihan

  1. Siswa dapat memperhatikan materi pelajaran secara langsung
  2. Meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan melakukan peran tertentu di depan kelas
  3. Siswa lebih memahami materi pelajaran

Kekurangan

  1. Sebagian siswa tidak menyukai metode seperti ini
  2. Siswa yang introvert umumnya sulit mengikuti metode role playing
Dari kekurangan-kekurangan metode pembelajaran yang telah dijelaskan di atas, guru masih dapat meminimalisir kekurangan tersebut agar hasil pembelejaran lebih efektif. Diantaranya seperti berikut.
  1. Sebagai fasilitator guru berusaha menyediakan fasilitas yang cukup kepada siswa, baik itu sumber belajar, alat pendukung kegiatan belajar dan lain-lain.
  2. Melakukan pengawasan dan bimbingan secara penuh kepada siswa
  3. Memotivasi siswa

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
function fiksioner() { // Put all of your scripts here //---- DELETE me and REPLACE with your code ----// } //]]>